Sabtu, 20 Desember 2014

Cara Megobati Tangan Bengkak Memar karena jatuh

Ceritanya neh tadi pagi saat diperjalanan menuju tempat kerja gw mengalami rasa kantuk yang teramat sangat, apa karena kurang tidur atau apa gak tau, kayaknya sih kurang tidur, selama perjalanan begitu berat dan ngantuk banget dipaksain bawa motornya, sesampai di jalan baru (kranji) gw kalah sma ngantuk dan nabrak mobil buah di deretan jalan baru itu..alhasil gw jatuh dah, karena posisi mobil di kiri gw dan gw nabrak samping mobilnya, tangan gw ngebentur mobil dan gw kejepit stang mtor, gw pun jatuh dan krna tangan sakit banget ada org yang membantu buat ngangkang eh ngangkat motor gw, tangan gw sakit banget, nyut nyutan, ada dua luka di jari kleingking gw, di tangan kiri gw,, gw jalan lagi dengan tangan di stang kiri yg sedikit pelan..

gara gara tangan gw sakit dan jalan motor gw pe;an dan gw pun telat sampai kantor, tapi gapapalah untung nya ini harus sabtu, jadi santai. dikerjaan pun temen temen kaget dengan keadaan gw ini, krna emng gw sering jatoh(udah kaya bayi minta adek aja), nah gw jalani berbagai saran dari temen buat penanganan pertama dari dibersihin air anget,alkohol betadin,dsb tapi karena gw orangnya suka dengan membaca gw search aja di google maslah tangan bengkak., oh iya ceritanya tangan gw baru keliatan bengkak setelah sejam dikantor.

dari google gw dapet tips bagus neh yang judulnya menghilangkan luka memar, akhirnya gw baca dan coba jalanin satu2 tipsnya., semoga aja tangan gw bisa cepet pulih lagi, soalnya ribet kalo tangan kiri gak bisa cebok.pokoknya gak enak sakit ntu, oh iya neh jabaran tipsnya,gw copas.hehe

1. MENGKOPRES MEMAR DENGAN AER ES


Mengkopres air dingin selama 15 menit setiap jam atau 3 jam nya , ini dilakukan untuk hari pertama, agar peredaran daranya beku dan luka bisa cepat pulih

2. MENGKOMPRES DENGAN AER HANGAT


Setelah peradangan mengurang, kompres memar dengan air hangat agar darah kembali mengalir dan luka memar cepat sembuh.

3. ANGKAT BAGIAN TUBUH YANG MEMAR 


angkat luka memar diatas jantung,karena darah yang mengalir dari jantung ke luka memar dapat mempersulit penyembuhan.

4. JANGAN OLAHRAGA TERLALU KERAS/ BANYAK AKTIVITAS


Olahraga dapat membuat darah lebih banyak mengalir ke bagian tubuh termasuk ke luka memar, itu bisa membuat keadaan semakin parah.

5. PIJAT LEMBUT BAGIAN TUBUH YANG MEMAR 


Mrmijat bagian luar memar akan mempercepat tubuh anda memperbaiki menghilangkan memarnya.

6. JEMUR LUKA MEMAR DIBAWAH MATAHARI

                                     

Sinar UV akan menghilangkan bilirubin, dan membuat luka memar berwana kuning, itu artinya menjemur memar dibawah matahri akan menghilangkan memar.

7. GOSOKAN CUKA DAN AIR KE LUKA MEMAR


Cuka akan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit sehingga memacu luka untuk sembuh lebih cepat.

8. MAKAN BUAH PEPAYA DAN NANAS


Makan sebanyak mungkin nanas yang and inginkan karena Anda ingin menyerap bromelain dan membantu tubuh Anda menghilangkan luka memar

9. OLESKAN DAN MINUM VITAMIN C


10. MENGGUNAKAN OBAT


beberapa obat penghilang sakit memiliki anti radang sehingga bisa menghilangkan sakit dan bengkak.

11. OLESKAN SALEP ARNICA TIAP HARI


Arnica adalah tumbuhan yang dapat meredakan radang dan memudarkan luka memar dengan cepat












   







2 komentar:

  1. Hallo, salam kenal. Kebetulan anak saya kemarin jatuh dan telapak tangannya bengkak. Saya mau coba salep Amica. Mudah2an manjur ya. Terimakasih untuk tulisannya :)

    BalasHapus
  2. Sendi tangan saya ngilu senud-senud habis jatuh dr motor tiger, itu bisa disebut memarbukan. Masalahnya ngga biru tp bengkak sih. Jawab

    BalasHapus